AKSES LCD 16 X2
VIA ARDUINO
2. Copy paste sketch/program di bawah ini ke dalam software arduino
3. Verify program arduino,apabila tidak terjadi error lanjut dengan proses upload
Pada kesempatan kali ini aruselektronika akan
membagi tutorial "bagaimana sih cara mencetak karakter atau
nilai pada lcd 16 x2 ?" untuk penjelasan lebih lengkap kita
simak penjelasan dibawah ini.
TOLONG BACA
DENGAN DETAIL !
Siapkan alat dan bahan :
- LCD 16 X2
- Variable Resistor 10K
- Arduino Nano/Uno/Mega (sama saja)
- Kabel male to female
- Breadboard
- Laptop
- Software arduino ide
- Kabel usb
- Download Library <LiquidCrystal.h> (tutorial instal library klik disini)
- Datasheet LCD 16x2 pdf
- Schematic pdf
a. Variable resitor berfungsi untuk mengatur brightnest (tingkat kecerahan lcd 16x2)
b. Jangan lupa untuk menghubungkan pin RW ke ground
2. Copy paste sketch/program di bawah ini ke dalam software arduino
/* * By Fickry Muhammad */ #include // Setting LCD RS E D4 D5 D6 D7 LiquidCrystal lcd(7, 6, 5, 4, 3, 2); void setup() { lcd.begin(16,2); lcd.print("Aruselektronika"); } int hitung = 0; void loop(){ // pindah ke baris kolom 1 baris ke 2 // array selalu dimulai dari 0 lcd.setCursor(0,1); lcd.print( hitung++ ); delay(1000); }
4, Upload program,apabila succes akan muncul tulisan done uploading,apabila ada yang belum tahu bagaimana cara upload code/sketch ke board arduino bisa baca disini
5. Succes,sekarang kalian tinggal lihat lcd 16x2 karakter atau nilai apa yang akan tampil pada lcd 16x2,lcd 16x2 ini bisa menampilkan berbagai macam karakter dan nilai variable bahkan bisa menampilkan animasi (custom char) bisa baca disini
CONTOH
CONTOH PERINTAH LIBRARY
begin()
Untuk begin() digunakan dalam inisialisasi interface ke LCD
dan mendefinisikan ukuran kolom dan baris LCD. Pemanggilan begin() harus
dilakukan terlebih dahulu sebelum memanggil instruksi lain dalam library LCD.
Untuk syntax penulisan instruksi begin() ialah sebagai berikut.
lang.begin(cols, rows)
Dengan lang ialah nama variable, cols jumlah kolom LCD, dan
rows jumlah baris LCD.
clear()
Instruksi clear() digunakan untuk membersihkan pesan text.
Sehingga tidak ada tulisan yang ditapilkan pada LCD.
setCursor()
Instruksi ini digunakan untuk memposisikan cursor awal pesan
text di LCD. Penulisan syntax setCursor() ialah sebagai berikut.
lang.setCursor(col, row)
Dengan lang ialah nama variable, col kolom LCD, dan row baris
LCD.
print()
Sesuai dengan namanya, instruksi print() ini digunakan untuk
mencetak, menampilkan pesan text di LCD. Penulisan syntax print() ialah sebagai
berikut.
lang.print(data)
Dengan lang ialah nama variable, data ialah pesan yang ingin
ditampilkan.
0 comments:
Posting Komentar