Sabtu, 06 Agustus 2016

Print Out PCB Altium at A4 Paper or PDF

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Pada kesempatan kali ini saya akan membagi pengalaman,pengalaman ketika saya ketika ini men-cetak pcb sendiri,pada awalnya jika saya ingin cetak pcb tinggal saya pergi ke tempat cetak pcb lalu memberikan file altiumnya,tanpa memikirkan bagaimana cara men-convert file design pcb tersebut ke print-an kertas film,pada suatu waktu terlintas dalam pikiran saya,saya ingin mencoba baaimana sih caranya printout hasil design pcb saya ke kertas A4 atau dalam bentuk pdf file.

Pertama kita buka dulu design pcb,disini saya mengambil contoh design jam digital (hanya buka file designnya saja kecuali ingin print schematicnya juga)



Kemudian kalian pergi ke bagian menu bar file > smart PDF,maka akan tampil seperti dibawah ini 

Kalian pilih Next  > Next 


Pada bagian export bill,kalian uncheck Export a Bill of Materials


Pilih Next abaikan settingan ini


Pilih Next abaikan settingan ini


Pilih Finish,kemudian kalian tunggu hingga file print out job keluar pada project pcb


Kemudian kalian click kanan pada bagian document out = pcb print


Pilih page setup,kalian setting pada bagian kertas/paper/size disesuaikan dengan kebutuhan,atur orientation disesuaikan dengan kebutuhan,nah yang paling penting kalian atur scale mode = scaled print & scale =1.00 yang terakhir kalian atur color set = mono



Kemudian kalian pilih menu bar advanced,maka akan tampil seperti gambar dibawah ini


Jika kalian menggunakan design single layer kalian cukup atur settingan seperti dibawah ini,karena menurut saya hanya ini yang dibutuhkan untuk membuat pcb single layer,terkecuali kalian ingin menambahkan topoverlay,tinggal kalian membuat file lagi untuk bagian overlay dan insert layer overlay (jangan menggabungkan file bottom layer dan top overlay pada 1 file)


Kemudian kalian pilih preference > oke


Kalian setting warna bottom layer menjadi hitam/black


Kalian setting warna keepout layer menjadi hitam/black


Pastikan settingan kalian sudah benar,jika sudah yakin benar kalian click oke > oke 

Kalian akan kembali lagi pada tampilan awal,kalian click Generate content,wait YES tunggu hingga file pdf terbuka dengan sendirinya,jika tidak terbuka kalian cari di bagian file pcb yang kalian simpan,dan taraaaa pdf sudah terbuka dan coba kalian lihat design pcb kalian sudah tercetak pada pdf file A4,selanjutkan tinggal kalian print out (ukuran sudah benar" pas ya jadi gaperlu dirubah rubah lagi)


Oh iya jika kalian ingin memperbanyak pcb pada kertas A4 kalian bisa gunakan software PDF editor (FOXIT PDF EDITOR) download disini dan contoh hasil editannya kalian lihat dibawah ini 


Sekedar catatan jika kalian ingin membuat pcb sendiri gunakan printer laser tinta bubuk dan kertas khusus pcb,tinggal kalian beli di bukalapak Rp 1.500 per lembar dan untuk tutorial cara mencetak pcb sendiri kalian bisa pantau terus blog saya insyaallah nanti akan segera saya posting,yaaaaaa cukup sudah penjelasannya sekian dan terimakasih وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © FILAB | Powered by FILAB
Design by Fickry Muhammad | Technology by Filab.id